Latest Music :
Home » , , » NIRVANA - a popularity

NIRVANA - a popularity

Kamis, 26 Juli 2012 | 5komentar

Berbicara mengenai warna musik Grunge rasanya belum lengkap tanpa ngomongin soal Nirvana, maklum orang meng-identik-kan Nirvana adalah Grunge. meski Cobain sendiri sang pentolan Nirvana dengan tegas menolak di sebut sebagai musisi Grunge, Cobain sendiri lebih senang di sebut punkers.

Istilah Grunge sendiri mengemuka di awal tahun 90an ketika Nirvana menyodok pasar musik dunia lewat singlenya Smells Like Teen Spirit yang mengejutkan para penikmat mainstream musik, betapa tidak, album Nevermind milik Nirvana terjual diatas empat ratus ribu copies satu minggu sejak awal peluncurannya hanya di kawasan Amerika dan menduduki posisi puncak di berbagai negara.

Grunge sendiri merupakan konsep musik minimalis yang memadukan unsur musik punk dengan sound metal 80an era band Black Sabbath. dengan lirik banyak berkisah tentang kemuraman dan anti kemapanan.

Nirvana terbentuk pertama kali di Aberdeen sekitar 100 mil dari Seattle Amerika di tahun 1985, saat Kurt Cobain bertemu dengan Chris Novoselic lalu membentuk sebuah band punk dengan nama Stiff Woodies, karena keduanya memang menyukai musik punk. Ketika Stiff Woodies terbentuk posisi Cobain masih sebagai penabuh beduk dan Novoselic pada bass sedang pada posisi guitar dan vocals di isi oleh pemain tambahan.

Nama Skid Row kemudian di tasbihkan Cobain dan Novoselic setelah mereka merekrut drumer Aaron Burkhart, di sini Cobain menjabat sebagai vocals dan guitar. Tahun 1986 Aaron keluar dan di gantikan Chad Channing dan setahun berikutnya nama band berubah menjadi Nirvana. Berkat bantuan dari seorang produser Jack Endiro, Nirvana di pinang oleh label independen Sub Pop merilis single pertamanya Love Buzz yang merupakan lagu daur ulang milik Shocking Blue.

Tahun 1989 Nirvana merilis debut album mereka Bleach setelah single pertama mereka Love Buzz sukses di terima publik. Di luar dugaan Bleach terjual sebanyak 35 ribu copies hingga melambungkan nama Nirvana.

Berikutnya dengan bantuan drumer Dan Peters dari band Mudhoney mereka merilis single Sliver dengan Butch Vig bertindak sebagai produser. Setelah Dave Grohl bergabung mereka berhasil mengikat kontrak dengan perusahaan rekaman label besar Geffen Record dan langsung merilis album Nevermind ke pasaran, sebuah album yang mampu menembus jajaran 10 besar di Amerika dan Inggris hingga berpredikat triple platinum album.

Rupanya popularitas band Nirvana yang mengejutkan secara tiba-tiba membuat  Cobain dan rekan-rekannya tidak siap mental hingga membuat para personil Nirvana banyak bertingkah aneh dalam setiap perfomance-nya di atas panggung.

Dan tekanan yang berat ini membuat Cobain terjerembab ke dalam penggunaan obat-obatan terlarang, bahkan perkawinan-nya dengan salah satu personil pentolan band cewek, Hole, Courney Love di tahun 1992 tidak dapat memperbaiki kecanduan-nya akan obat-obatan terlarang hingga beberapa saat mereka vakum dari dunia rekaman.

Baru pada tahun 1993 mereka melepas album In Utero ke publik di bawa tangan dingin produser Steve Albini. Album In Utero sukses di pasaran lewat single Heart Shape Box dan All Apollogies yang banyak mendominasi puncak tangga lagu di kawasan Amerika dan Inggris.

Kesuksesan Nirvana tidak di barengi dengan kesembuhan Cobain, bahkan Cobain makin larut dalam depresinya. Hingga pada puncaknya Cobain di kabarkan meninggal dunia akibat bunuh diri dengan menembakkan kepalanya di bulan April 1994. Kematian Kurt Cobain membuat sisa personil dari Nirvana memutuskan untuk membubarkan diri.

Dua mantan personil Nirvana yakni Chris Novoselic membentuk trio sweet 75 sedang Dave Grohl menjadi vocalis sekaligus gitaris dari band Foo Fighters



Berikut ini single yang berhasil melambungkan nama Nirvana

Share this article :

5 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. mediaMUSIKKU - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger